Home      ceklen.php
Print this pageAdd to Favorite

Ceklen (Bekel)

Permainan Ceklen (Bekel) menggunakan bola berwarna-warni yang terbuat dari karet dan biji berbentuk khusus yang menggunakan bia kecil.

  • Cara bermain:

    Setelah menentukan giliran siapa yang mulai lebih dulu, permainan dimulai dengan melemparkan bola keatas dan menghamparkan bia. Setelah bola memantul sekali, bola harus diambil kembali.

    Kemudian, pemain harus mengambil satu per satu bia yang terhampar secara langsung. Setelah terambil semua, biji dihamparkan kembali dan diambil kali ini sekaligus dua buah bia. Begitu selanjutnya sampai sejumlah bia yang dimainkan. Setalah mengambil bia secara langsung selesai, maka kini pemain harus mengubah bia menjadi bentuk terbuka atau tertutup tertentu sebelum diambil. Urutan posisinya adalah buka mulai dari buka 1 sampai buka 6 selanjutnya tutup bia mulai dari 1 sampai 6. Bia yang dipergunakan umumnya berjumlah 6 sampai 10 bia.

    Pemain akan kehilangan gilirannya apabila bola memantul lebih dari sekali, tidak dapat menangkap bola, tidak dapat menggambil bia, tidak bisa mengubah salah satu bia menjadi posisi tertentu saat sudah mencapai tahap membuka dan menutup bia yang harus diambil. Pemenangnya adalah yang mencapai tahap paling tinggi.

 
 
 
 
Pakaian Tradisional Sulut
 © LSM Pendidikan SILO,  Juni 2011
Contact us : redaksi@sulutiptek.com 
Penanggung Jawab :
Dr. Fabian J. Manoppo