Home      atasigangguantidur.php
Print this pageAdd to Favorite
Apa yang dapat dilakukan, bila bayi anda mempunyai masalah gangguan tidur?
Oleh suririnah

Apa yang dapat dilakukan, bila bayi anda mempunyai masalah gangguan tidur?Ini memerlukan usaha dari orang tua juga kesabaran dalam menangani semua ini.

Apa yang dapat dilakukan, bila bayi anda mempunyai masalah gangguan tidur?

Yang pertama adalah periksakan bayi anda ke dokter untuk memastikan tidak adanya kelainan medis yang membuat bayi anda tidak dapat tidur.

Setelah kita sudah menyingkirkan bahwa tidak ada kelainan secara medis pada bayi anda, maka hal terpenting yang anda harus lakukan adalahmenciptakan waktu rutin tidur yang baik yang dimulai sejak bayi kecil. Dan ini memerlukan kesabaran dan ketekunan anda.


Dibawah ini terdapat beberapa petunjuk untuk menciptakan waktu tidur yang baik bagi bayi anda;

 Berusahalah menidurkan bayi anda pada jam yang kurang lebih sama setiap malam, hal ini akan menciptakan kebiasaan waktu rutin tidur yang baik buat bayi anda, mulailah sejak bayi kecil.

 Jangan membangunkan bayi anda hanya untuk ditimang-timang dan dikagumi orang.

 Bedakan antara tidur dan tidak tidur, sehingga bayi akan belajar bahwa tidak tidur berarti makan, bermain, dan ditemani; dan tidur berarti tidur. Jadi pastikan bahwa ia tidak tidur selagi makan. Dan buatlah aturan jam makan yang teratur untuk bayi.

 Tidurkan bayi pada ruangan yang cukup hangat dan tenang, jangan membiasakan bayi anda tertidur setiap malam, diruangan tamu, dengan televisi dan ditemani; diayun-ayun atau selalu tertidur dipangkuan anda, sebab sewaktu ia terbangun ditengah malam dan tidak mendapati rutin tidur yang ia kenal, ia akan sulit untuk tidur kembali.

 Sesudah menidurkan bayi anda, bukalah pintu kamar sedikit sehingga bayi dapat mendengar bunyi-bunyi dirumah dan tidak merasa sendirian dan terasing.

 Jika bayi anda menangis,pergilah kepadanya cepat-cepat, tetapi ingat jangan langsung mengendongnya kecuali kalau ada yang tidak beres atau memang sudah waktu untuk makan. Karena jika anda membiarkan bayi anda menangis, ia menjadi ketakutan bahwa anda tidak berada disisinya dan menjadi lebih tertekan, tetapi jika anda langsung mengendongnya maka ia akan belajar bahwa menangis berarti digendong.

 Berikan sesuatu untuk digunakan pada waktu tidur dan menjadi sesuatu untuk diasosiasikan dengan tidur, berikan barang yang dapat diganti karena kalau tidak, bila ia kehilangan barang itu, ia tidak dapat tidur. Misalnya selimut, kaos atau popokyang tipis dsb.

 Jadi ciptakanlah waktu tidur yang rutin dan meletakan bayi anda ditempat tidur sewaktu ia belum tidur, dengan mainan kesayangan jika ada, sehingga ia akan mengasosiasikan tidur dengan tempat tidur, dalam ruangan tersebut, dengan mainan tsb, dan belajar untuk tidur sendiri. Jadi apabila ia terbangun pada tengah malam, segala yang ia asosiasikan dengan tidur ada disana, dan ia akan tidur kembali.



Bayi datang ke dunia ini tanpa gambaran seperti apakah dunia ini, oleh karenanya lebih mudah bagi bayi untuk menyesuaikan diri dengan cara anda daripada anda menyesuaikan diri dengannya.

© Dr.Suririnah-www.InfoIbu.com







 
 
 
 
Pakaian Tradisional Sulut
 © LSM Pendidikan SILO,  Juni 2011
Contact us : redaksi@sulutiptek.com 
Penanggung Jawab :
Dr. Fabian J. Manoppo